Jumat, 29 Oktober 2010

PENGERTIAN TENTANG MANUSIA & CINTA

manusia dan cinta kasih (ilmu budaya dasar)
Manusia adalah unsur kompleks yang memiliki banyak arti, jika dilihat dari sisi biologis manusia berarti spesies primata dari kelas mamalia yang memiliki otak dan kemampuan berfikir tinggi. jika dilihat dari segi sosial manusia dapat diartikan sebagai makhluk yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan pertolongan orang lain.

Cinta adalah perasaan suka atau sayang kepada dunia lain dari pribadi. Kasih adalah perasaan belas kasihan. Dengan demikian dapat diartikan bahwa cinta kasih adalah perasaan suka kepada seseorang diiringi dengan perasaan belas kasihan.

Menurut Dr. Sarlito W Sarwono, cinta memiliki 3unsur yakni keterikatan, keintiman dan kemesraan. Keterikatan adalah perasaan yang menjadikan orang yang kita cinta sebagai prioritas. Keintiman adalah menunjukkan perasaan cinta itu dengan tindakan dan menghilangkan jarak antara anda dan yang anda kasihi sedangkan kemesraan adalah perasaan ini dipuji dan memuji.

Perasaan cinta sering dikeluarkan untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada Allah (termasuk cinta dalam tingkatan tertinggi), cinta kepada orang tua dan anggota keluarga (merupakan cinta tingkatan menengah) serta cinta kepada teman dan kerabat (cinta tingkatan rendah). Perwujudan cinta memiliki 4syarat, yakni :
1. Pengenalan
2. Perhatian
3. Tanggung jawab
4. Saling menghormati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar